Hey, I am Metro Classic. A First ever Metro Theme for Blogger that actually gona stun your visitors. So You wana Bet?.

nvidia vs ati radeon

Rabu, 27 Februari 2013

kali ini saya akan membantu bagi para gamers yang bingung utuk memilih kartu grafis

mungkin buat para gamers, pilihan kartu grafis emang wajib ya hukumnya untuk kenikmatan maen game nya.. mungkin nama Nvidia atau ATI yang udah ga asing lagi di telinga para gamers, soalnya emang dua nama tersebut adalah merk kartu grafis yang paling terkenal dan banyak dipakai saat ini.
tapi untuk para awam, seperti saya juga, gatau apa sih hebatnya masing-masing kartu grafis tersebut?? terus, apa ngaruhnya kalau kita pakai salah satunya untuk maen game yang beratberat terutama di masalah gambar?? nah, setelah seian lama ga nulis, kali ini saya akan seikit me-review tentang nVidia vs ATI. let’s check out..

untuk para pecinta ATI, mereka tidak bisa disalahkan ketika mereka bilang vga ATI paling bagus, begitu pula dengan pecinta nVidia yang bilang Nvidia lebih bagus grafisnya dengan vga card lain karena memang kedua pabrikan vga card tadi punya mangsa pasar tersendiri yang bahkan terkadang fanatik dengan produknya.
pada tahun 2003, sebenarnya Nvidia pernah terpuruk karena ketika Nvidia meluncurkan seri Geforce FX seri 5000 yang bisa dibut sebagai sebuah kesalahan fatal yang tercatat sebagai sejarah hitam di perjalanan karir Nvidia. Buruknya kinerja Geforce FX saat itu membuat Nvidia melakukan trik untuk meningkatkan kinerja dengan menurunkan kualitas gambar. Hal ini justru semakin memperburuk reputasi mereka dan membuka peluang bagi ATI untuk merebut posisi teratas saat itu dalam pasar kartu grafis. Saat itu chip grafis andalan ATI yaitu Radeon seri 9000 terbukti mampu mengalahkan Geforce FX dalam kinerja maupun performa. Di saat itulah anggapan bahwa kualitas gambar videocar ATI lebih baik daripada Nvidia mulai tertanam di hati sanubari para gamer.
Namun kini ,  Nvidia telah melewati mimpi buruknya. Dimulai dari peluncuran Geforce seri 6000 yang membanggakan Shader Model 3, Nvidia mulai berusaha mengalahkan ATI dalam hal kualitas gambar. Di era 2005, Geforce seri 6000 mampu menoreh keunggulan dalam hal dukungan Shader Model 3 dibanding ATI X300/700/800 yang saat itu belum mensupport fitur tersebut.
Sadar akan kelemahan terserbut, di tahun 2006 ATI akhirnya juga memberikan dukungan Shader Model 3 di seri X1000 mereka, sehingga potensi bagi videocard Nvidia dan ATI untuk menghasilkan kualitas gambar yang baik kini sama.
Sebagai produsen chip grafis no.1, Nvidia memiliki segudang uang untuk diselipkan di celah-celah kantong para programmer & game developer. Dengan begitu game buatan mereka akan berpihak ke kubu Nvidia. Atau dengan kata lain kualitas gambar game tersebut akan menjadi lebih buruk bila dijalankan pada videocard ATI.
Nvidia cukup serius dalam menjalankan strategi konspirasi ini. Bahkan mereka mempropagandakan strategi ini sebagai TWIMTBP (The Way It’s Meant To Be Played).
Bila sebuah game menyandang logo TWIMTBP, berarti game tersebut dibuat dengan campur tangan Nvidia di dalamnya, dan sudah dipastikan kualitas gambar / kinerja terbaik hanya akan didapat bila menggunakan videocard Nvidia. Secara logika saja, tentu mustahil bila sebuah game yang disponsori Nvidia ternyata tampilannya sama baiknya bila menggunakan ATI.
Para fans ATI sering berdalih bahwa masalah kompatbilitas/kualitas gambar pada beberapa game adalah masalah driver yang dapat dihilangkan dengan update driver ATI Catalyst, mereka tak menyadari bahwa problem tersebut sebenarnya adalah problem yang berasal dari gamenya dan sengaja dibuat oleh game developernya bagi pengguna ATI. Jadi update driver ATI tidak akan memperbaiki problem tersebut.
Tampaknya strategi konspirasi ini dianggap cukup berhasil oleh Nvidia, sehingga mereka kian hari kian agresif dalam merangkul para game developer. Hingga saat ini, nyaris 90% game yang beredar di pasaran dibuat dengan campur tangan Nvidia di dalamnya. Untuk melihat game-game apa saja itu dapat dilihat di situs www.nzone.com
untuk melihat hasil gambar yang dihasilkan dari kedia kartu grafis tersebut, maka akan diuji coba pada salah satu game populer di bawah ini..
IN-GAME SETTING:
Setting fitur & kualitas di semua game diatas diatur ke tingkat detail paling maximal dengan resolusi 1024×768.
Anisotropic filtering diatur ke tingkat tertinggi dan FSAA diaktifkan bila memungkinkan.
TESTING PLATFORM:
Videocard:
- NVIDIA : Geforce 7600GT, 7900GS, 7900GT
- ATI : Radeon X1950 Pro, X1900XT
CPU:
- Intel Core2 Duo E6400 (2.13GHz) overclocked @ 3.2GHz   FSB400 (FSB1600 QPB)
CPU Cooler :
- Thermaltake Waterblock W0010 + custom cooling tower
Motherboard
ASUS P5B Deluxe WiFi AP (intel P965)
Memory :
- 2 X 512MB Kingston “Hynix” DDR2 533 @ DDR800 (4-4-4-12)
Harddisk: 80GB Seagate Barracuda 7200.9 SATA2
PSU: SilverStone 400W dual-rail
Driver:
Nvidia Forceware 91.47
ATI Catalyst 6.11
Windows XP Professional SP2
DirectX 9c June06
TEST 1:Need For Speed Most Wanted
Hinga detik ini, NFS Most Wanted masih merupakan game racing dengan tampilan terbaik. Bahkan tampilannya masih lebih baik daripada NFS Carbon yang baru saja dirilis. Sekalipun NFS Most Wanted tidak menyandang logo Nvidia, tapi sepertinya developer & publisher game ini, Electronic Arts, sempat merasakan nikmatnya makan malam bersama Nvidia.
Sajian anggur dan wanita cantik yang disuguhkan Nvidia mampu membuat para programmer Most Wanted rela memberikan tampilan terbaik game ini hanya untuk pengguna videcard Nvidia saja.
Bila anda pernah mendengar keluhan beberapa gamer mengenai tampilan yang terlalu silau di Most Wanted, maka dapat dipastikan bahwa gamer tersebut menggunakan videocard ATI. Karena memang itulah kado bencana yang khusus diberikan bagi fans ATI.
Pada videocard ATI, akan terjadi kesalahan implementasi HDR/Bloom, yang mengakibatkan gambar terlalu terang, sekalipun fitur overbright dimatikan. Dengan keadaan ini banyak objek akan kehilangan detail, dan konyolnya lagi gedung-gedung masih tampak menyilaukan sekalipun di kondisi senja hari.
Untuk lebih jelasnya lihat perbandingan tampilan screenshot di bawah ini…
Need For Speed Most Wanted  (v1.3)
Daylight (siang)
Detail objek gedung dan tekstur bukit dengan menggunakan videocard Nvidia terlihat jelas. Sedangkan pada videcard ATI, cahaya silau membuat gedung nyaris tak terlihat yang diakibatkan karena error dalam implementasi HDR/bloom effect. Bahkan tekstur bukit hanya terlihat sebagai warna kuning silau saja.
Pada videocard Nvidia, detail kaca jendela pada gedung pencakar langit masih terlihat meski kacanya memantulkan cahaya matahari. Sedangkan pada videcard ATI, pantulan cahaya matahari terlalu ekstrim sehinga membuat gedung kehilangan detailnya.
Dengan menggunkaan videocard Nvidia, dinding gedung-gedung beton merefleksikan pantulan cahaya secara normal, sedangkan pada videocard ATI, dinding gedung-gedung beton seolah bersifat seperti kaca yang merefleksikan pantulan cahaya secara ekstrim, akibatnya objek jadi kehilangan detail.
Pada videocard Nvidia ujung jalan masih terlihat jelas, sedangkan pada videocard ATI ujung jalan seringkali tak terlihat karena tersapu silaunya cahaya. Hal inilah yang seringkali dikeluhkan para gamer yang menggunakan videocard ATI, karena kondisi silau ini membuat tikungan di ujung jalan jadi tak terlihat jelas sehingga membuat game lebih susah dimainkan.
Evening (senja)
Tampilan pada videocard ATI bertambah parah dan tidak realistis pada kondisi senja. Gedung-gedung terlihat bersinar menyilaukan sekalipun di langit minim cahaya matahari. Sedangkan pada videcard Nvidia, refleksi cahaya yang terpantul di gedung-gedung terlihat natural dan serasi dengan nuansa atmosfir sekitar.
Sama seperti contoh gambar sebelumnya, pada videocard Nvidia detail gedung terlihat jelas dan pantulan cahayanya di senja hari terlihat natural, sedangkan pada videocard ATI, gedung-gedung menjadi terlihat aneh dengan cahayanya yang menyilaukan, seolah seperti suasana di planet lain.
Refleksi cahaya senja pada kaca gedung terlihat natural pada videocard Nvidia, sedangkan pada videocard ATI gedung-gedug terlihat seolah bersinar denngan refleksi cahaya yang menyilaukan, sehingga terkesan tidak realistis dan kontras dengan suasana atmosfir senja.
Pada videocard Nvidia objek-objek dinding beton di sisi kiri terlihat natural. Sedangkan pada videcard ATI, objek-objek dinding beton yang seharusnya tidak bersifat reflektif menjkadi terlihat terang menyilaukan secara ekstrim, membuat suasana menjadi serasa di arena sirkus.
Kesimpulan :
dari salah satu contoh yang saya perlihatkan di atas dapat ditarik kesimpulan jika vga card Nvidia memang lebih bagus dari pada ATI. namun, jika ditinjau lebih dalam sebab-sebab mengapa Nvidia lebih unggul dari pesaingnya yaitu ATI adalah baiknya para petinggi Nvidia untuk menggandeng para game developer untu membuat game yang dibuat khusus untuk pengguna chip Nvidia, sehingga jika para pengguna chip ATI memainkan game tersebut mereka akan kecewa dan menganggap bahwa chip ATI buruk. Padahal jika ditilik lagi bukanlah kesalahan pabrikan ATI dalam membuat kartu grafis, tetapi kurang lihainya ATI layaknya yang dilakukan Nvidia terhadap game developer.
Dalam persaingan kualitas gambar, Nvidia terlihat jauh lebih cerdas & smart dibanding ATI. Di saat para insinyur ATI kerja lembur & banting tulang di dalam lab yang sunyi untuk meningkatkan keunggulan kualitas grafis, para team Nvidia mengajak makan malam para game developer untuk bersama-sama menjatuhkan ATI.
Jamuan makan malam dan berbagai suguhan kenikmatan lainnya membuat para game developer akhirnya rela melakukan apa saja untuk menjatuhkan ATI.
Konspirasi dengan game developer tampaknya merupakan strategi jitu yang dilakukan sang CEO sekaligus pendiri Nvidia yaitu Jen-Hsun Huang.
Dengan konspirasi Nvidia bersama game developer, maka sehebat apapun ATI berinovasi untuk meningkatkan kualitas grafis videocard mereka, hasilnya tetap akan sia-sia saja karena game yang dirilis ternyata tidak memanfaatkan keunggulan yang dimiliki videocard ATI, bahkan kualitas gambar pada videocard ATI malah sengaja diturunkan dengan munculnya berbagai problem.
Sebaliknya, bila ATI ingin meniru cara “sabotase” seperti yang dilakukan Nvidia, maka hal tersebut akan lebih sulit dilakukan, sebab jumlah pengguna videocard Nvidia jauh lebih banyak, sehingga game developer tentu tak mau beresiko bila penurunan kualitas gambar di videocard Nvidia akan menyebabkan game mereka tidak dibeli oleh mayoritas gamer yang menggunakan videocard Nvidia. Oleh karena itu pada game-game yang disponsori ATI (misal Half Life 2) tampilannya tetap tidak ada masalah sekalipun menggunakan videocard Nvidia.
sudah cukup tau kan perbedaannya?? sekarang silahkan terserah anda akan pilih yang mana yang sesuai selera..
Seri-seri Splinter Cell selalu menjadi game best seller yang kemunculannya dinanti-nantikan oleh para penggemar game. Semenjak seri perdananya, Splinter Cell terkenal sebagai game yang disponsori Nvidia. Sehingga berbagai masalah akan timbul bila menggunakan videocard ATI. 
Pada Splinter Cell seri ke 3 (Chaos Theory), Nvidia bersama developer game ini sepakat untuk men-disable fitur Soft Shadow pada videocard ATI. Sehingga tampilan bayangan pada videeocard ATI akan buruk (jaggies).
Nvidia tahu bahwa atmosfir game ini bernuansa gelap dan sangat mengandalkan bayangan (shadow intensive), sehingga bila kualitas bayangan sengaja "dirusak" tentu akan merusak kualitas tampilan game secara signifikan pada videcard ATI.
Selain itu game yang mensupport fitur HDR ini juga tidak memiliki opsi untuk mengaktifkan Anti-Aliasing, sehingga keunggulan videocard ATI yang mampu mengaktifkan FSAA+HDR secara bersamaan tidak dapat difungsikan pada game ini.
Splinter Cell Chaos Theory

Bayangan Sam Fisher, tokoh utama Splinter Cell, terlihat halus pada videocard Nvidia. Sedangkan pada videcard ATI bayangan terlihat kasar dan bergerigi (jaggies). Ini akibat game ini dirancang untuk mendisable secara paksa fitur Soft Shadow bila digunakan pada videocard ATI.

Bayangan kabel listrik terlihat halus pada videocard Nvidia, sedangkan pada videocard ATI bayangan terlihat bergerigi 

Bayangan jeruji besi terlihat halus pada videcard Nvidia, sedangkan pada videcard ATI bayangan terlihat kasar dan bergerigi.


Game ini sangat menonjolkan efek bias bayangan. Pada videocard Nvidia seluruh bayangan terlihat halus, berbeda dengan bayangan pada videocard ATI yang terlihat kasar dan bergerigi akibat tidak aktifnya Soft Shadow.


TEST 5:Splinter Cell Double Agent
Sekuel ke 4 dari serial game best seller Splinter Cell yaitu Double Agent baru saja dirilis. Tetap dengan tradisi lamanya, Splinter Cell adalah game yang pro Nvidia. 
Nvidia tampaknya masih kurang puas dengan "mensabotase" fitur soft shadow ATI pada Splinter Cell Chaos Theory. 
Berbeda dengan seri sebelumnya, pada Splinter Double Agent pengguna videocard ATI seri X1xxx dapat mengaktifkan FSAA+HDR berbarengan di game ini, maka untuk mengantisipasi hal ini Nvidia bersama game developer Splinter Cell bersepakat melakukan sabotase yang jauh lebih hebat lagi, yaitu dengan meniadakan bayangan pada karakter dan beberapa objek bila menggunakan videocard ATI. Fitur soft shadow juga tetap tidak berfungsi pada videocard ATI. Tidak hanya itu, implementasi bayangan pada beberapa objek juga mengalami masalah (hilang-timbul).
Nvidia tahu benar bahwa Splinter Cell merupakan game yang sangat menonjolkan atmosfir gelap yang sarat bayangan, sehingga bila bayangan pada videocard ATI "disabotase" pasti akan membuat pengguna videcard ATI kecewa berat dan memutuskan untuk beralih ke videocard Nvidia.
Pada game ini Nvidia juga ingin melampiaskan dendam lamanya terhadap videocard ATI seri X800 yang beberapa tahun yang lalu sempat membuat beberapa pengguna Geforce 6600 tergoda untuk beralih ke kubu ATI. Pada game ini Nvidia sengaja memesan game developernya agar game ini tidak mampu berjalan dengan ATI seri X300, X700, X800 karena ketiga videocard ATI tersebut belum mensupport Shader Model 3. Hal ini memang cukup aneh karena seharusnya engine game ini mampu dipaksa berjalan dengan shader model 1.1 seperti seri Splinter Cell sebelumnya, tapi tampaknya kemapuan tersebut dihilangkan karena pada game ini Nvidia ingin memberi pelajaran pada orang-orang yang dulu berpindah dari Geforce 6600 ke ATI X800.
Splinter Cell Double Agent

Pada videocard Nvidia, karakter dan berbagai objek (tangga, gedung) memiliki bayangan. Sedangkan pada videocard ATI karakter maupun objek tidak memiliki bayangan

Sama seperti Splinter Cell edisi sebelumnya (Chaos Theory), fitur Soft Shadow pada Splinter Cell Double Agent juga tidak berfungsi pada videocard ATI sehingga bayangan kabel listrik diatas terlihat sangat bergerigi. Sedangkan pada videocard Nvidia bayangan kabel listrik terlihat halus.
Efek bayangan bergerigi pada videcard ATI terlihat jauh lebih parah di game ini dibanding di Splinter Cell Chaos Theory. 


Tidak adanya bayangan karakter pada videocard ATI membuat nuansa kurang realisitis, berbeda dengan di videocard Nvidia dimana bayangan karakter ditampilkan dengan baik.


Pada videocard ATI bayangan objek yang jatuh pada pipa terlihat kasar (jaggies) dan seolah mengalami kesalahan, sedangkan pada videocard Nvidia bayangan mampu jatuh secara baik.

DOWNLOAD VIDEO (1.6MB)Problem pada videocard ATI tidak hanya pada hilangnya bayangan karakter dan beberapa objek serta tidak berfungsinya Soft Shadow, namun bayangan pada objek kadang juga sering hilang-timbul seiring pergerakan karakter. Sedangkan pada videocad Nvidia hal seperti ini tidak terjadi.
Perbandingannya dapat dilihat pada rekaman video disamping ini.


DOWNLOAD VIDEO PERBANDINGAN KUALITAS IMAGE PADA SPLINTER CELL DOUBLE AGENT (1.6MB)








TEST 6:The Elder Scrolls IV: Oblivion
DOWNLOAD VIDEO (2MB)Oblivion hingga detik ini merupakan game dengan tampilan terbaik sekaligus game paling berat. Bagian paling berat adalah pada kondisi outdoor di padang rumput dengan kondisi rumput yang bergoyang. 
Bethesda Softwork, developer Oblivion, tampaknya mendapat pesanan khusus dari Nvidia agar game ini tidak bisa mengaktifkan Anti Aliasing bila HDR di-enable, sehingga keunggulan videocard ATI dalam hal kemampuan mengaktifkan FSAA+HDR secara simultan akan sia-sia. Sekalipun akhirnya ATI dapat memaksanya melalui driver, namun developer game ini bersama Nvidia masih memiliki cara "sabotase" lain yang disiapkan bagi videocard ATI, yaitu problem bila mengaktifkan fitur Shadow On Grass.
Pada videocard ATI, bayangan yang jatuh pada pada rumput akan berkedip-kedip (flickering), sedangkan pada videocard Nvidia hal ini tak terjadi. Untuk mengetahui perbedaannya bisa dilihat di rekaman video berikut.
DOWNLOAD VIDEO PERBANDINGAN KUALITAS IMAGE PADA OBLIVION (2MB)







TEST 7:3D Mark 06
3D Mark 06 merupakan aplikasi benchmark gaming yang paling populer di dunia. Tampaknya developer benchmark ini, Futuremark, juga telah dirangkul olen Nvidia untuk membuat pengguna videocard ATI kecewa. Sekalipun videcard ATI seri X1000 telah mensupport Shader Model 3 (SM3) namun sebenarnya ada fitur yang tidak disupport, yaitu Shader Particles. Kelemahan ini diekspose pada 3D Mark 06, yaitu dengan tidak bisa diaktifkannya Shader Particle Test. Sedangkan pada videcard Nvidia, test tersebut dapat dilakukan.
3D Mark 06

Pada gambar diatas terlihat bahwa videocard Nvidia seri 79xx telah mendukung Shader Particles, sedangkan ATI seri X19xx belum mendukung fitur tersebut.


redball.gif (916 bytes)Kesimpulan : Keunggulan kualitas image ditentukan oleh kelihaian strategi bisnis

Strategi untuk menang : Dengan melakukan konspirasi bersama para game developer, Nvidia akhirnya sukses mengalahkan ATI dalam hal pertarungan kualitas gambar
Anggapan mengenai kualitas gambar videocard ATI lebih unggul daripada Nvidia pupus sudah. Dalam prakteknya, kualitas gambar pada image videocard ATI terlihat lebih buruk dan bermasalah di banyak game.
Hal ini sebenarnya bukan karena ketidak becusan ATI membuat chip grafis, namun karena kelihaian Nvidia dalam menggandeng game developer untuk mensabotase kualitas gambar videocard ATI di banyak game.
Apakah sabotase yang dilakukan Nvidia merupakan kecurangan?
Di mata konsumen, tindakan yang dilakukan oleh Nvidia bukanlah sebuah kecurangan. Sebab konsumen tetap mendapat kualitas gambar terbaik bila menggunakan videocard Nvidia. Nvidia juga sudah memperingatkan di awal game dengan adanya logo atau peringatan bahwa tampilan terbaik hanya akan didapat bila menggunakan videocard Nvidia.
Jadi bila ada pengguna videocard ATI yang kecewa karena "rusaknya" kualitas gambar, itu karena salah mereka sendiri kenapa tidak menggunakan videocard Nvidia untuk bermain game tersebut.

Strategi CEO : Kongkalikong ala asia akhirnya mengalahkan asah otak ala barat
Dalam persaingan kualitas gambar, Nvidia terlihat jauh lebih cerdas & smart dibanding ATI. Di saat para insinyur ATI kerja lembur & banting tulang di dalam lab yang sunyi untuk meningkatkan keunggulan kualitas grafis, para team Nvidia mengajak makan malam para game developer untuk bersama-sama menjatuhkan ATI. 
Jamuan makan malam dan berbagai suguhan kenikmatan lainnya membuat para game developer akhirnya rela melakukan apa saja untuk menjatuhkan ATI.
Konspirasi dengan game developer tampaknya merupakan strategi jitu yang dilakukan sang CEO sekaligus pendiri Nvidia yaitu Jen-Hsun Huang.
Dengan konspirasi Nvidia bersama game developer, maka sehebat apapun ATI berinovasi untuk meningkatkan kualitas grafis videocard mereka, hasilnya tetap akan sia-sia saja karena game yang dirilis ternyata tidak memanfaatkan keunggulan yang dimiliki videocard ATI, bahkan kualitas gambar pada videocard ATI malah sengaja diturunkan dengan munculnya berbagai problem. 
Dalam perang kualitas gambar, ATI menggembar-gemborkan keunggulan Radeon seri X1xxx dibanding Geforce seri 7 dalam hal kemampuan menjalankan FSAA+HDR secara berbarengan. Sekalipun penggunaan FSAA+HDR akan menurunkan performa secara signifikan sehingga hanya layak diterapkan pada videocard 2 juta, namun Nvidia tentu mewaspadai keunggulan ATI dalam hal ini. Oleh karena itu beberapa game sengaja dirancang (atas pesanan Nvidia) agar tidak bisa menjalankan FSAA+HDR secara berbarengan sekalipun menggunakan ATI X1xxx (misal: Splinter Cell Chaos Theory). Tak hanya itu saja, beberapa game ternyata juga mampu menjalankan FSAA+HDR sekalipun menggunakan Geforce seri 7 (misal: Half Life 2, NFS Most Wanted). Di sini terlihat bahwa keunggulan fitur hardware dapat dimentahkan oleh design programming game. Melalui design programming game itulah Nvidia bersama pembuat game menurunkan (mensabotase) kualitas gambar pada videocard ATI.
Disini terbukti bahwa kenggulan teknis mampu dikalahkan oleh strategi bisnis.
Pepatah lama di dunia balap jalanan mengatakan: "Tidak perlu repot-repot merancang mobil paling cepat bila anda tahu cara jitu untuk menggembosi ban mobil lawan"

redball.gif (916 bytes)Strategi marketing Nvidia vs. Keunggulan teknis ATI
Para fans ATI biasanya masih berdalih bahwa problem kualitas gambar hanya menimpa game-game tertentu yang disponsori Nvidia saja. Namun dalam prakteknya ternyata Nvidia mensponsori hampir 90% game yang ada di pasaran. Daftar game-game yang disponsori Nvidia dapat dilihat di situs ini:www.nzone.com/object/nzone_twimtbp_gameslist.html.
Bahkan nyaris semua game-game best seller ternyata menyandang logo Nvidia. Dengan asumsi seperti itu, maka dapat dipastikan mayoritas game di pasaran akan memiliki tampilan lebih bagus di videocard Nvidia, atau dengan kata lain bermasalah di videocard ATI.
Nvidia juga sangat tahu bahwa game-game dengan karakter populer seperti Lara Croft (Tomb Raider) dan Sam Fisher (Splinter Cell) sangat berpotensi untuk laku dan menjadi best seller. Dengan mensponsori game-game populer seperti itu, maka secara otomatis juga akan mendongkrak penjualan videocard Nvidia. Sebab game-game tersebut mensyarakatkan videocard Nvidia untuk tampilan terbaik.
Begitu pula dengan game Doom3 yang sangat populer hingga diangkat ke layar perak, Nvidia mempropagandakan bahwa Doom3 akan jauh lebih baik bila dijalankan di videocard Nvidia daripada di ATI. Oleh karena itu popularitas Doom3 secara tidak langsung juga akan mengharumkan nama Nvidia.
Strategi marketing Nvidia adalah dengan menarik konsumen untuk membeli videocard mereka dengan melalui judul-judul game populer yang disponsori Nvidia, sedangkan ATI selama ini mengarahkan konsumen dengan cara mengekspose keunggulan teknis videocard mereka.
Dalam prakteknya, tujuan konsumen membeli videocard adalah untuk bermain game, dan mereka tentu akan membeli videocard terbaik untuk bermain game, dan bukannya videocard yang unggul secara teknis semata. Konsumen gamer kebanyakan tidak terlalu peduli mengenai perbedaan spek teknis yang nyaris sama, yang mereka tahu game yang mereka mainkan akan terlihat lebih bagus di videocard mana.
Sabotase kualitas image yang dilakukan Nvidia bersama para game developer membuat konsumen takut untuk membeli videcard ATI karena menurunnya kualitas gambar di game favorit mereka, sehingga para gamer berbondong-bondong pindah ke kubu Nvidia.
Oleh karena itulah penjualan videocard ATI akhirnya terus melorot drastis hingga ATI akhirnya kolaps di pertengahan tahun 2006 dan kemudian diakuisisi oleh AMD.
Kondisi persaingan diatas nyaris sama seperti keunggulan telak Sony Playstation 2 atas XBox generasi pertama. Sekalipun XBox saat itu membanggakan teknologi baru, tapi konsumen membeli Sony Playstation 2 dengan alasan jumlah game yang lebih banyak, dan judul-judul game yang lebih baik.
Nvidia mencoba sedikit mengadaptasi strategi yang diterapakan Sony tersebut, yaitu dengan mengandeng para game developer agar membuat tampilan game terlihat lebih baik hanya di videocard Nvidia saja, sedangkan bila dijalankan dengan videocard ATI tampilan dibuat menjadi lebih jelek.
Bagi para game developer, membuat game "kurang bersahabat" dengan videcard ATI tidaklah terlau beresiko, karena jumlah pengguna videocard ATI jauh lebih sedikit dibanding Nvidia.
Sebaliknya, bila ATI ingin meniru cara "sabotase" seperti yang dilakukan Nvidia, maka hal tersebut akan lebih sulit dilakukan, sebab jumlah pengguna videocard Nvidia jauh lebih banyak, sehingga game developer tentu tak mau beresiko bila penurunan kualitas gambar di videocard Nvidia akan menyebabkan game mereka tidak dibeli oleh mayoritas gamer yang menggunakan videocard Nvidia. Oleh karena itu pada game-game yang disponsori ATI (misal Half Life 2) tampilannya tetap tidak ada masalah sekalipun menggunakan videocard Nvidia.

redball.gif (916 bytes)Merger AMD+ATI bukan ancaman buat Nvidia?

Banyak orang beranggapan bahwa ATI akan bangkit lagi menuju kejayaan setelah diakuisisi oleh AMD. Hal ini sepertinya tidak mungkin, sebab kekalahan ATI oleh Nvidia bukanlah karena masalah teknis, namun karena kurangnya relasi dengan game developer serta kekalahan dalam hal strategi marketing.
AMD selaku produsen prosesor jelas tidak dapat membantu apa-apa dalam hal meningkatkan relasi dengan game developer. Karena bagi produsen prosesor, industri game bukanlah arena bermain mereka. AMD juga tidak seperti Intel yang piawai dalam hal strategi marketing.
Secara finansial, Nvidia juga bahkan masih lebih kuat dibanding AMD. Laba bersih gabungan antara AMD dan ATI sekalipun ternyata masih dibawah Nvidia.
Dengan kondisi finansial AMD yang kini kian terpuruk seiring kekalahan telak mereka oleh Intel, pupus sudah harapan ATI untuk mendapat pasokan tenaga dari AMD.
Bisnis ATI di bidang solusi onboard grafis untuk PC desktop & notebook juga kian dipersulit oleh Intel yang makin meningkatkan produksi chipset motherboard dengan integrated graphic. Masuknya intel di sektor ini menjadi mimpi buruk bagi ATI, sebab ATI sebelumnya cukup mengandalkan pemasukan dari sektor ini.
Berbeda dengan Nvidia yang tidak terlalu terganggu dengan langkah Intel tersebut, karena konsentrasi Nvidia adalah pada bisnis videocard yang notabene tidak mampu disentuh Intel.

Laporan finansial perusahaan
periode awal 2006
                               Sumber : NASDAQ

Laba bersihPertumbuhan profitFAKTA FINANSIAL:
1. Laba bersih Nvidia 7X lipat ATI
2. Laba bersih Nvidia 2X lipat AMD
3. Laba bersih Nvidia naik 4X lipat sedangkan laba bersih ATI turun drastis 
4. Pertumbuhan profit Nvidia nyaris 3X lipat AMD
Nvidia$302.6 juta+ 201.5%
AMD$165.5 juta+    81.5%
ATI$  41.7 juta-     77.8%
Nvidia masih terlalu kaya : Bahkan laba bersih gabungan AMD + ATI masih dibawah Nvidia
Nvidia memiliki keunggulan bersaing yang tak dimiliki perusahaan semikonduktor lainnya, yaitu hubungan mesra dengan game developer. Oleh karena itu setelah AMD diakuisisi oleh AMD, sempat terbersit kabar bahwa Nvidia akan diakuisisi Intel. Namun akhirnya Nvidia menolak untuk diakuisisi oleh Intel, karena bagi Nvidia, Intel sekalipun tidak ada apa-apanya di dalam industri game dibanding mereka
Sumber : http://seventhdiysar.blogspot.com/2012/09/nvidia-vs-ati-radeon.html

Sejarah blog modern


Sejarah BlogAsal mula sejarah blog modern kadang masih menjadi perdebatan.

Setelahsedikit memahami tentang pengertian blog, sebelum belajar tentang cara membuat blog, mungkin ada baiknya kalau kita sedikit menilik sejarah blog, yah.

Cikal bakal dari blog modern awalnya adalah semakin banyaknya website maupun halaman yang saling berhubungan satu sama lain begitu pula saling bertukar komentar hingga semakin meningkatkan komunitas blog. Dari situlah blog modern mulai berkembang.

Tim Berners-Lee, penggagas the World Wide Web, pertama kali memposting pada halaman web pada tahun 1992 di CERN (European Organization for Nuclear Research) yang terus berkembang menjadi sebuah daftar semua website online baru.

Pusat Supercomputing Aplikasi Nasional (NCSA) mulai memiliki daftar situs-situs baru pada Juni 1993. Terutama situs penyedia entri yang disusun berdasarkan tanggal dan link-link baru termasuk komentar-komentar. Layanan ini akhirnya diambil alih oleh Netscape yang kemudian menjadi situs web yang sangat lebih populer pada masanya.

Justin Hall Meluncurkan Home Page Justin yang kemudian mencoba membuat link-link secara sembunyi-sembunyi. Website Justin menerima link dan menulis review untuk website lain.

Kemudian pada 10 Januari 1996, Justin Hall mulai menulis komentar berupa jurnal online setiap hari. Meskipun posting artikel hariannya baru terhubung ke bagian index page saja. Dalam jurnalnya dia menulis Suatu hari, sebelum saya tidur, Saya pikirkan tentang hari saya, dan bagaimana permasalaha-permasalahan saya, dan saya menulis sedikit tentang apa yang telah memberikan saya pelajaran untuk menghadapinya..

Di Februari 1996, Winer Menulis sebuah web blog bertema 24 jam Proyek Demokrasi.

Kemudian bulan Aprilnya, Winer meluncurkan sebuah web page baru bagi pengguna Software Frontier yang berkembang menjadi Scripting News di tahun 1997, yang merupakan salah satu dari web blog tertua yang masih ada di internet sampai hari ini. Perusahaan tersebut merilis Radio Userland, salah satu software blogging yang pertama.

Setelah Jorn Barger memperkenalkan ketentuan-ketentuan weblog menjadi syarat penggunaan yang populer pada Desember 1997, Blogging yang kita ketahui saat ini mulai terus ditingkatkan dan dibangun. Ini merupakan satu sejarah blog penting dalam perkembangannya.

Pada November 1998, Cameron Barrett mempublikasikan daftar blog pertamanya di Camworld.

Sebenarnya masih ada beberapa tahapan sejarah blog setelah November 98, tapi untuk singkatnya saja yah hehe… Sejarah singkatnya, pada Agustus 1999, Pyra Labs, yang saat ini dimiliki oleh Google, meluncurkan layanan blogging gratis Blogger yang pada awalnya telah menghadirkan peralatan yang sangat mudah bagi semua orang untuk mensetup sebuah blog. Layanan blog lainnya mulai bermunculan seperti Pitas dan Groksoup.

Setelah berjalan 12 bulan, blogging mulai mendunia, perusahaan-perusahaan baru bermunculan begitu juga tools-tools blogging. Setelah melangkah lebih jauh, semuanya menjadi sejarah blog dan mungkin saat ini kita menjadi bagian di dalamnya.

Sumber : http://myblogmylife.blogdetik.com/cara-membuat-blog/sejarah-blog/

Sejarah dan perkembangan Handphone


Sejarah+handphoneTelepon genggam atau handphone semakin menjamur dewasa ini seperti halnya dengan laptop atau komputer. Baik dari anak SD sampai dengan kakek-kakek sekarang menggunakan handphone untuk berkomunikasi. Tapi apakah ada yang tahu siapa penemu telepon genggam atau handphone itu sendiri ?? Sharing kali ini akan saya bahas tentang sejarah handphone atau telepon genggam.


Definisi
Telepon genggam atau handphone atauTelepon seluler adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Saat ini Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access). Badan yang mengatur telekomunikasi seluler Indonesia adalah Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI).

Sejarah
Menurut tante wiki indonesia Penemu sistem telepon genggam yang pertamaadalah Martin Cooper, seorang pekerja di pabrikan Motorola pada tanggal 03 April 1973, walaupun sering disebut-sebut penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola (divisi tempat Cooper bekerja) dengan model pertama adalah DynaTAC. Ide yang dicetuskan oleh Cooper adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel.
Cooper bersama timnya menghadapi tantangan bagaimana memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil tersebut untuk pertama kalinya. Akhirnya sebuah handphone pertama berhasil diselesaikan dengan total bobot seberat dua kilogram. Untuk membuatnya,  Pabrikan Motorola membutuhkan biaya kurang lebih US$1 juta. “Pada tahun 1983, telepon genggam portabelberharga US$4 ribu (Rp36 juta) setara dengan US$10 ribu (Rp90 juta).
Setelah berhasil memproduksi telepon genggam, tantangan terbesar berikutnya adalah mengadaptasi infrastruktur untuk mendukung sistem komunikasi telepon genggam tersebut dengan menciptakan sistem jaringan yang hanya membutuhkan 3 MHz spektrum, setara dengan lima channel TV yang tersalur ke seluruh dunia.
Tokoh lain yang diketahui sangat berjasa dalam dunia komunikasi selular adalah Amos Joel Jr yang lahir di Philadelphia, 12 Maret 1918, ia memang diakui dunia sebagai pakar dalam bidang switching. Ia mendapat ijazah bachelor (1940) dan master (1942) dalam teknik elektronik dari MIT. Tidak lama setelah studi, ia memulai kariernya selama 43 tahun (dari Juli 1940-Maret 1983) di Bell Telephone Laboratories, tempat ia menerima lebih dari 70 paten Amerika di bidang telekomunikasi, khususnya di bidang switching. Amos E Joel Jr, membuat sistem penyambung (switching) ponsel dari satu wilayah sel ke wilayah sel yang lain. Switching ini harus bekerja ketika pengguna ponsel bergerak atau berpindah dari satu sel ke sel lain sehingga pembicaraan tidak terputus. Karena penemuan Amos Joel inilah penggunaan ponsel menjadi nyaman.

Perkembangan
  • Generasi awal
Sejarah penemuan telepon seluler tidak lepas dari perkembangan radio. Awal penemuan telepon seluler dimulai pada tahun 1921 ketika Departemen Kepolisian Detroit Michigan mencoba menggunakan telepon mobil satu arah. Kemudian, pada tahun 1928 Kepolisian Detroit mulai menggunakan radio komunikasi satu arah pada semua mobil patroli dengan frekuensi 2MHz.
Pada perkembangan selanjutnya, radio komunikasi berkembang menjadi dua arah dengan ‘’frequency modulated ‘’(FM).
Tahun 1940, Galvin Manufactory Corporation (sekarang Motorola)mengembangkan portable Handie-talkie SCR536, yang berarti sebuah alat komunikasi di medan perang saat perang dunia II. Masa ini merupakan generasi 0 telepon seluler atau 0-G, dimana telepon seluler mulai diperkenalkan.
Setelah mengeluarkan SCR536,kemudian pada tahun 1943 Galvin Manufactory Corporation mengeluarkan kembali partable FM radio dua arah pertama yang diberi nama SCR300 dengan model backpack untuk tentara U.S. Alat ini memiliki berat sekitar 35 pon dan dapat bekerja secara efektif dalam jarak operasi 10 sampai 20 mil.
Sistem telepon seluler 0-G masih menggunakan sebuah sistem radio VHF untuk menghubungkan telepon secara langsung pada PSTNlandline. Kelemahan sistem ini adalah masalah pada jaringan kongesti yang kemudian memunculkan usaha-usaha untuk mengganti sistem ini.
Generasi 0 diakhiri dengan penemuan konsep modern oleh insinyur-insinyur dari Bell Labs pada tahun 1947. Mereka menemukan konsep penggunaan telepon hexagonal sebagai dasar telepon seluler. Namun, konsep ini baru dikembangkan pada 1960-an.
  • Generasi 1
Telepon genggam generasi pertama disebut juga 1G. 1-G merupakan telepon genggam pertama yang sebenarnya. Tahun 1973, Martin Cooper dari Motorola Corp menemukan telepon seluler pertama dan diperkenalkan kepada public pada 3 April 1973. Telepon seluler yang ditemukan oleh Cooper memiliki berat 30 ons atau sekitar 800 gram. Penemuan inilah yang telah mengubah dunia selamanya. Teknologi yang digunakan 1-G masih bersifat analog dan dikenal dengan istilah AMPS. AMPS menggunakan frekuensi antara 825 Mhz- 894 Mhz dan dioperasikan pada Band800 Mhz. Karena bersifat analog, maka sistem yang digunakan masih bersifat regional. Salah satu kekurangan generasi 1-G adalah karena ukurannya yang terlalu besar untuk dipegang oleh tangan. Ukuran yang besar ini dikarenakan keperluan tenaga dan performa baterai yang kurang baik. Selain itu generasi 1-G masih memiliki masalah dengan mobilitas pengguna. Pada saat melakukan panggilan, mobilitas pengguna terbatas pada jangkauan area telpon genggam.
  • Generasi 2
Generasi kedua atau 2-G muncul pada sekitar tahun 1990-an. 2G di Amerika sudah menggunakan teknologi CDMA, sedangkan di Eropa menggunakan teknologi GSM. GSM menggunakan frekuensi standar 900 Mhz dan frekuensi 1800 Mhz. Dengan frekuensi tersebut, GSM memiliki kapasitas pelanggan yang lebih besar. Pada generasi 2G sinyal analog sudah diganti dengan sinyal digital. Penggunaan sinyal digital memperlengkapi telepon genggam dengan pesan suara, panggilan tunggu, dan SMS.
Telepon seluler pada generasi ini juga memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih ringan karena penggunaan teknologi chip digital. Ukuran yang lebih kecil juga dikarenakan kebutuhan tenaga baterai yang lebih kecil. Keunggulan dari generasi 2G adalah ukuran dan berat yang lebih kecil serta sinyal radio yang lebih rendah, sehingga mengurangi efek radiasi yang membahayakan pengguna.
  • Generasi 3
Generasi ini disebut juga 3G yang memungkinkan operator jaringan untuk memberi pengguna mereka jangkauan yang lebih luas, termasuk internet sebaik video call berteknologi tinggi. Dalam 3G terdapat 3 standar untuk dunia telekomunikasi yaitu Enhance Datarates for GSM Evolution (EDGE), Wideband-CDMA, dan CDMA 2000. Kelemahan dari generasi 3G ini adalah biaya yang relatif lebih tinggi, dan kurangnya cakupan jaringan karena masih barunya teknologi ini. Tapi yang menarik pada generasi ini adalah mulai dimasukkannya sistem operasi pada ponsel sehingga membuat fitur ponsel semakin lengkap bahkan mendekati fungsi PC. Sistem operasiyang digunakan antara lain Symbian, Android dan Windows Mobile
  • Generasi 4
Generasi ini disebut juga Fourth Generation (4G). 4G merupakan sistem ponsel yang menawarkan pendekatan baru dan solusi infrastruktur yang mengintegrasikan teknologi nirkabel yang telah ada termasuk wireless broadband (WiBro), 802.16e, CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dan lain-lain. Sistem 4G berdasarkan heterogenitas jaringan IP yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan beragam sistem kapan saja dan di mana saja. 4G juga memberikan penggunanya kecepatan tinggi, volume tinggi, kualitas baik, jangkauan global, dan fleksibilitas untuk menjelajahi berbagai teknologi berbeda. Terakhir, 4G memberikan pelayanan pengiriman data cepat untuk mengakomodasi berbagai aplikasi multimedia seperti, video conferencing,online game, dan lain-lain.

Semoga sharing artikel di atas dapat menambah wawasan teman-teman semua. Semoga bermanfaat..

Windows Phone 8 Vs IOS 6 Vs Android 4


Microsoft baru saja meluncurkan Windows Phone 8, dan ini akan membuka persaingan antara 3 kubu besar perangkatlunak smartphone yaitu Windows Phone, iOS dan Android. iOS yang akan pertama kali muncul di iPhone 5, Android 4 akan pertama kali digunakan oleh Galaxy Nexus dan windows phone 8 pada Lumia 900.

Berbagai fitur akan dimunculkan dan akan menakjubkan para penggunanya, bagi anda yang masih bimbang antara ke-3nya berikut ada tabel yang bisa menunjunkkan keunggulan antara mereka.



iOS
6.0
Android
4.0
Windows Phone
8
Windows Phone
7.8
Apps650,000+500,000+100,000+100,000+
Multitaskingyes
limited
yesyes
limited
yes
limited
Widgetsnoyesexpandable
Live Tiles
expandable
Live Tiles
Expandable storagenoyesyesyes
Multi-core processorsyesyesyesyes
High-res displaysyesyesyesyes
File managernoyesnono
Drag and drop file managementno
requires iTunes
yesno
requires Zune
no
requires Zune
Intelligent voice assistantyesno
only some models
nono
Sideloading appsCydiayes
many outlets
nono
Centralized notificationsyes
drop-down pane
yes
drop-down pane
nono
Flash supportnoyes??
Native screenshotsyesyesnono
Offline mapsno
paid apps
no
paid apps
yesno
only Lumias
CoreDarwinLinuxWindows NTWindows CE 7
USB Hostlimited
via Camera Connection Kit
yes??


Pilihan akan kita ketahui setelah anda memvote diantara mereka bertiga, silahkan vote siapa yang menurut anda yang terbaik.

Sumber : http://forum.kompas.com/telekomunikasi/121681-windows-phone-8-vs-ios-6-vs-android-4-siapa-yang-tercanggih.html

Windows VS Mac OS



1. Tampilan

Mac OS X Lion
Tampilan dari sebuah OS dibuat untuk memudahkan pengguna berinteraksi dengan aplikasi di dalamnya. Dengan penambahan Launchpad membuat tampilan Lion lebih mudah dari sebelumnya karena menampilkan ikon aplikasi sistem Anda. Untuk mengakses Launchpad, cubit tracpad menggunakan tiga jari dan ibu jari Anda atau tekan tombol khusus Launchpad pada MacBook Air terbaru.
Pada dasarnya Launchpad meniru tampilan iOS pada iPhone dan iPad. Anda dapat dengan mudah berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya, dan Anda dapat menarik ikon aplikasi ke ikon aplikasi lainnya untuk membuat folder program yang bertema sama.Apple telah mengintgrasikan App Store Mac dengan Launchpad, sehingga ketika Anda melakukan pembelian di App Store maka secara otomatis muncul dan terinstal di Lunchpad.
Lion juga mempertahankan Dock ( dikenal sebagai taskbar di Windows) dari versi OS sebelumnya. Anda dapat menarik ikon dari Launchpad ke Dock untuk membuat aplikasi lebih mudah diakses.
Lion membuat program bawaan dan software pihak ketika ditampilkan di seluruh layar. Untuk beralih antar aplikasi secara langsung dapat dilakukan dengan menggeser dua jari ke kiri atau kanan pada touchpad. Namun dapat mengaburkan menu bar selama Anda menggunakannya.


Tampilan Mac OS X Lion
Tampilan Windows 7
Multitasking Mac OS X Lion

Pemenang: Mac OS X Lion
Dengan Launchpad, Dock yang lebih user friendly dan aplikasi yang ditampilkan di seluruh layar, membuat Lion memiliki tampilan lebih modern.

2. Multitasking dan Windows Management

Mac OS X Lion
Penyempurnaan dilakukan di Snow Leopard dengan mengenalkan Mission Control, yang menggabungkan fitur Expose dan Spaces. Expose menampilkan thumbnail dari semua jendela, sehingga memudahkan navigasi. Fitur Spaces mensetup beberapa desktop, membuat Anda menetapkan aplikasi spesifik untuk masing-masing desktop dan menghindari desktop berantakan. Sekarang semua dapat diakses pada satu layar.
Mission Control, diaktifkan dengan menggerakkan trackpad atau dengan shortcut menggunakan keyboard. Memungkinkan Anda melihat semua desktop di jendela mini diatas desktop yang sedang aktif. Mission Contol juga mengungkapkan aplikasi yang terbuka, sehingga mudah untuk beralih ke jendela atau aplikasi lain. Menekan shorcut “Tab + Alt” di keyboard juga dapat beralih antar aplikasi.
Sayangnya, Mission Control dapat membingungkan. Lion akan mengatur secara otomatis dan menumpuk jendela aplikasi yang berhubungan di tengan layar, layar akan penuh dengan jendela yang dipisahkan dengan spasi. Anda juga tidak dapat menutup aplikasi dari Mission Control.
Multitasking Windows 7
Pemenang: Windows 7
Sementara Mission Control terlihat lebih ambisius, multitasking lebih mudah dilakukan dalam Windows 7.
3. Touchpad dan Multitouch
Mac OS X Lion
touchpad Mac OS X LionLion mengurangi kemampuan trackpads yang tidak terpakai dengan mempersempit gerakan jari.
Trackpads sangat akrab bagi pengguna iPhone dan iPad, tapi Lion menambahkan tiga dan empat gerakan jari baru.
Misalnya, membuka Mission Control dengan menggesekkan tiga jari dan menggesek switch ke kiri atau kanan aplikasi di layar. Untuk memulai Lauchpad dapat dilakukan dengan mencubit tiga jari dan jempol, menyebarkan tiga jari dan jempol untuk menyajikan desktop. Bila Anda berada dalam sebuah aplikasi dengan beberapa jendela yang terbuka, menggeser dua jari ke bawah akan menampilkan semua jendela untuk beralih antar jendela. Untuk memperbesar dan keluar dari jendela apapun tidak hanya dapat dilakukan dengan mencubit dua jari, menekan dua jari juga memungkinkan Anda memperbesar bagian tertentu dari sebuah halaman gambar atau web.
Meskipun menggerakan jari untuk navigasi hal yang umum, namun Anda juga perlu megingatnya. Selain itu, standar menggerakkan dua jari sekarang merupakan modus default sebagaimana perangkat iOS bekerja, kebalikan dari proses Mac yang normal. Anda dapat mengubah pengaturan ini di Preferences.
Windows 7
touchpad Windows 7Gerakan multitouch pada Windows 7 sangat bervariasi sesuai dengan notebook dan perusahaan yang membuat touchpad. Secara umum, scrolling dengan dua jari bekerja dengan baik, tapi gerakan untuk zoom tidak semulus seperti pada Mac. Menggunakan tiga jari untuk membolak-balik foto juga dihilangkan. Namun, dapat memulai sebuah program dengan menekan tiga jari.
Pada Notebook Windows terbaru, seperti Samsung Seri 9, Anda dapat melakukan empat gerakan jari. Menggesek ke bawah akan meminimizes sesuatu dan menggesek ke atas akan mengaktifkan window manager Aero 3D.
Gerakan touchpad dapat disesuaikan, membuat perubahan memerlukan banyak gerakan klik ke bawah. Selain itu, beberapa vendor notebook Windows menonaktifkan fitur-fitur yang berguna secara default.
Pemenang: Mac OS X Lion
Apple memiliki hardware dan software yang benar-benar berbeda. Gerakan pada mousepad bekerja lebih baik pada Lion.
4. Search: Mac Spotlight VS Windows Search
Mac OS X Lion
Spotlight, search bar di Mac, menjadi lebih produktif di Lion. Untuk mengaktifkannya dengan cara mengkilk ikon kaca pembesar di sudut kanan atas atau menekan Command + Spasi, Spotlight akan mencari seluruh hard drive, web atau Wikipedia. Saat Anda mengetik karakter dalam search bar, Spotlight akan menemukan pilihan yang mungkin dan dikelompokkan menurut kategori (dokumen, musik, gambar) dan sering kali menemukan apa yang Anda cari sebelum Anda selesai mengetik. Anda dapat mempersempit cakupan pencarian untuk tipe data tertentu dengan menyesuaikan Spotlight di System Preferences.
Di Lion, skerang Spotlight menunjukkan preview dari item sehingga Anda dapat memeriksa apakah itu item yang Anda cari. Drag dan drop item ke email, desktop atau aplikasi lebih cepat dan mudah.
Lion juga mendukung pencarian file pada folder direktori, dengan search bar yang terletak di sudut kanan atas jendela folder.
search Mac OS X LionWindows 7
Sejak penampilan pertama pada Windows Vista semakin membaik, search box pada start menu akan mencoba menemukan permintaan Anda dengan menunjukkan hasil yang dikelompokkan menurut kategori (documents, e-mail, music, picture, dan lainnya) pada ssat Anda mengetik. Search box dapat Anda lihat setelah menekan tombol Windows atau klik tombol Windows di kiri bawah.
Pencarian di folder tertentu atau library dapat menemukan hasil yang terbatas pada isi folder saja. Pengguna dapat menerapkan pencarian lebih detai dengan menggunakan menu drop down search box. Sebuah panel pratinjau yang dihasilkan membuat Anda dapat melihat apakah itu hasil yang Anda cari.
search Windows 7Pemenang: Mac OS X Lion
Baik Lion dan Windows 7 melakukan pekerjaan pencarian dengan sangat baik, tetapi Lion lebih baik dengan membuat Anda dapat melihat pratinjai file dari dalam Spotlight. Linga juga bekerja lebih cepat dan memungkinkan Anda memperluas pencarian Anda ke web.
5. Web Browsers Bawaan
Mac OS X Lion
Safari 5.1 sedikit berkembang di Lion, termasuk navigasi browsing yang lebih efisien dengan gerakan multitouch dan kemampuan melihat secara penuh di layar. Gerakan menekan dua kali untuk memperbesar teks atau gambar dan menggesekkan ke kiri dan kanan untuk navigasi halaman.
Fitur baru Reading List memungkinkan Anda menyimpan artikel untuk dibaca lain waktu. Untuk melakukannya, tekan Command + Shift +D, atau tarik URL ke ikon kacamata di sebelah kiri toolbar. Atau pilih Add To Reading List dari menu Bookmarks. Klik ikon kacamata untuk membuka list Anda di sidebar. Sayangnya, halaman tidak disimpan untuk membaca secara offline.
Ikon Reader di addres bar memformat setiap URL halaman untuk memudahkan membaca dan pencetakan, Anda akan mendapatkan teks bersih dan semua gambar dan iklan dibuang.
browser Mac OS X LionWindows 7
Internet Explorer 9 adalah pemenang LAPTOP Editor’s Choice kategori browser berbasis Windows. Berkat akselerasi hardware, halaman muncul dengan cepat, dan teks, gambar dan video yang ditempilkan lebih banyak dan bagus. Integrasi yang mulus dengan Windows 7 memungkinkan IE9 memanfaat fitur sistem operasi sbagai snap untuk melihat dua sisi halaman web berdampingan. Dengan mengklik kanan pada tombol taskbar IE9, Anda dapat mengakses Jump Lists untuk memilih dari halaman yang baru dilihat.
IE9 benar-benar merenovasi tampilan maximize layar browser dengan meminimalkan toolbar dan membuat kontrol navigasi lebih mudah ditemukan dan digunakan. Menambah tab halaman semakin cepat. Klik tombol New Tab di sebelah kanan tab halaman terakhir dan halaman baru akan terbuka dan menampilkan kode warna history halaman yang dibuka sebelumnya dan refresh address bar untuk mengetik URL lain. Tab dapat diseret ke taskbar untuk diaskses secara offline.
IE9 memungkinkan Anda melakukan pin pada situs, sebuah fitur yang terintergrasi langsung dengan Windows 7. Setelah Anda pin situs ke taskbar, Anda dapat memberikan pemberitahuan, seperti pesan baru. Pengguna juga dapat mengklik kanan ikon untuk mengakses Jump List dari berbagai shortcut.
browser Windows 7Pemenang: Windows 7
Berkat perbaikan tampilan, kinerja dan fitur taskbar, IE9 mengalahkan Safari 5.1 sebagai web browser yang lebih baik.
6. Multimedia
Mac OS X Lion
Mac OS lama dilengkapi versi iLife’09 yang meliputi iDVD, iMovie, iPhoto, iWeb dan kreator musik GarageBand. Tapi untuk upgrade ke iLife’11, Anda harus membeli di Apple Store seharga $49 atau download setiap aplikasi secara sendiri-sendiri di App Store dengan harga $14,99 per aplikasi.
Versi upgrade menambahkan beberapa fitur baru, termasuk tampilan fullscreen dan link instan Facebook dan beberapa penambahan peforma yang ditingkatkan. Pengguna yang sering menggunakan versi lama akan melihat perbedaannya.
Apple QuickTime Player telah ditingkatkan dengan kemampuan lebih interaktif. Pengguna dapat menggabungkan beberapa klip menjadi satu film, berbagi audio video dengan pengguna lain dan mengambil gambar di layar. Berbagi video ditangani di QuickTime melalui satu tombol link untuk email, Facebook, Flickr, iMovie dan Vimeo. Sayangnya, Mac masih belum mendunkung Blu-ray.
Multimedia Mac OS X LionWindows 7
Microsoft Windows 7 tampaknya menciptakan banyak sekali fitur untuk menampilkan multimedia. Disertakan pada banyak laptop dan tersedia sebagai aplikasi gratis, Windows Live Essentials yang mencakup Messenger, Movie Maker, Photo Galery, Windows Mail dan Writer (untuk blogging), semua diaktifkan untuk mendukung cloud Microsoft.
Untuk menjaga konsistenisi, aplikasi ini mengandalkan toolbar model ribbon yang pertama kali muncul di Microsoft Office 2007 dan di situlah letak kekurangannya. Fitur powerhouse block muncul di bagian atas setiap layar. Hal ini membuat pengguna kesulitan menemukan fungsi tertentu.
Bahkan pada Windows Media Player yang tidak menggunakan ribbon interface, penggunana akan menemukan berbagai kolom dan tab untuk musik, foto, video dan media lainnya yang membuat pengguna baru kebingungan. Setidaknya di Movie Maker, link langkah demi langkah dapat membantu Anda membuat dan mengedit video.
Multimedia Windows 7Pemenang: Mac OS X Lion
iLife pada Apple lebih mudah digunkan dari pada Microsoft Windows Live.
7. Game
Mac OS X Lion
Selama bertahun-tahun pengguna Mac tidak dapat bermain game terbaru. Tetapi pengenalan sistem berbasis Intel dan peluncuran Mac OS X Lion membantu mengubah itu semua. Hari ini para gamer bisa memainkan judul-judul game terbaik. Namun yang menjadi permasalahan banyak game terbaru dibuat menggunakan software Microsoft Direct X, sehingga mereka tidak kompatibel dengan Lion. Untuk membuat mereka kompatibel, pengembang game harus secara substansial mengubah software permainan mereka.
Itu bukan berarti tidak ada permainan yang tersedia untuk pengguna Mac. Valve Software misalnya, menawarkan beberapa judul yang paling laris, seperti Half Life dan Portal untuk Mac. Blizzard Entertainment, pembuat Warcraft, juga telah membuat versi untuk Mac. Kemudahan pada App Store membantu pengguna mencari permainan yang mereka inginkan, tetapi game di desktop tidak sekuat game di ponsel.
games Mac OS X LionWindows 7
Selama bertahun-tahun Windows digunakan oleh pengembang game. Sebagian besar judul yang laris di pasaran dibuat untuk platform Windows. Selain itu, Microsoft’s Games untuk Windows Marketplace memudahkan pengguna untuk membeli game secara online dan mencoba demo.
Untuk memainkan sebuah game memerlukan sistem yang kuat, dan game Windows 7 memiliki akses ke hardware lebih baik dari Mac. Sebuah game berbasis Windows 7 mampu dimainkan perangkat yang memiliki grafis baik, seperti Alienware 17 inci M17 x dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7 2.2GHz, RAM 8GB,chip grafis AMD Radeon HD 6970M akan dikenakan biaya sekitar $2.000. Sebuat MacBook Pro 17 inci dengan spesifikasi yang sama dikenakan biayah lebih tinggi yaitu sekitar $2.699. jelas itu perubahan yang positif bagi pengguna Windows 7.
games WIndows 7Pemenang: Windows 7
Pilihan permainan yang lebih banyak menjadi salah satu keunggulan Windows. Meskipun mengalami kemajuan, pilihan permainan pada Mac OS X Lion masih tertinggal.
8. Keamanan
Mac OS X Lion
Sistem operasi Apple memang jarang menjadi target malware karena pangsa pasarnya lebih kecil. Tapi baru-baru ini software Mac Defender Trojan tidak benar-benar aman. Untuk melindungi dari orang jahat, Lion menggunakan fitur keamanan baru, seperti aplikasi sandboxing dan runtime perlindungan ditingkatkan.
Sandboxing dirancang untuk mengurangi dampak dari berbagai ancaman. Termasuk mengakses jaringan atau membuka dokumen yang mungin berisi data sensitif.
Sementara itu, Addres Space Layout Randomization (ASLR) sekarang tersedia untuk membuat aplikasi lebih kuat terhadap serangan. Pada dasarnya, ini adalah teknik yang terus menerus mengubah lokasi memori sistem aktif dan software aplikasi. Idenya adalah untuk menggagalkan serangan serangan yang ditujukan untuk mengakses komputer melalui komponen software tertentu.
Terakhir dan tidak kalah penting adalah full disk engkripsi FileVault 2, yang memungkinkan pengguna untuk mengienkripsi file-file penting dengan mudah. Anda bahkan dapat mengenkripsi seluruh drive.
Keamanan Mac OS X LionWindows 7
Microsoft telah meningkatkan kemampuan fitur keamanan di Windows 7 untuk membantu meminimalkan kerusakan yang disebabkan virus dan malware lainnya, tetapi akan lebih aman lagi bila ditambah dengan software antivirus yang terpisah. Action Center akan memberitahu Anda apakah antivirus up to date dan apakah firewall Anda aktif. Windows Updates akan otomatis tersetting default, tapi Anda juga dapat mengubah settingannya. Sayangnya, proses update sering terjadi di waktu yang tidak tepat, sehingga Anda juga dapat mengubah pengaturan sehingga komputer dapat mendownload update antivirus dan Anda dapat memilih apakah akan menginstalnya atau tidak.
Untuk membantu melindungi notebook Anda, Anda dapat mendownload program Microsoft Security Esentials secara gratis, yang dapat melindungi sistem dari virus, spyware, trojan dan banyak lagi. Anda juga akan memerlukan beberapa jenis software keamanan karena Windows menjadi target terbesar para pembuat malware. Software keamanan premium cenderung menawarkan fitur lebih baik.
Keamanan Windows 7Pemenang: Mac OS X Lion
Meskipun Mac sering menjadi sasaran hacker, tapi Windows masih lebih rentan terhadap malware. Selain itu peringatan software keamanan dan update Windows sangat mengganggu.
9. Parental Control
Mac OS X Lion
Apakah Anda merasa was-was bila anak Anda menggunakan MacBook Air? Lion memberikan rasa aman bagi orang tua dengan memasukkan sejulah kontrol. Anda dapat membatasi aplikasi yang dapat anak Anda akses. Anda juga dapat mencegah anak Anda membuka email dari orang yang tidak merekan kenal dan menyesuaikan kontak untuk iChat.
Seperti dengan Windows 7, Anda dapat mengatur batas waktu untuk mengakses komputer. Tetapi Lion berjalan selangkah lebih maju dengan membiarkan orang tua dapat mengatur akses hanya ke situs-situs tertentu.
Parental Controls Mac OS X LionWindows 7
Microsoft Parental Control menjaga anak Anda tetap aman dengan membatasi akses mereka hanya pada program tertentu, serta menghalangi mereka dari bermain game berdasarkan peringkat. Anda juga dapat memblokir atau memperbolehkan permainan sesuai nama. Jika Anda ingin anak Anda dapat mengakses notebook Anda hanya pada waktu tertentu dan hari-hari tertentu, Windows 7 membuat mengatur jadwal lebih mudah.
Namun, Windows 7 tidak memiliki kemampuan untuk menyesuaikan website yang dapat anak Anda gunakan seperti pada Lion. Untuk menambahkan fitur ini, Anda harus memiliki notebook yang pre-loaded dengan Windows Live atau download softwarenya.
parental Controls Windows 7Pemenang: Mac OS X Lion
Dalam kategori ini Lion lebih unggul dari Windows 7 karena Anda tidak perlu software tambahan untuk membatasi surfing web anak Anda.
10. Back Up
Mac OS X Lion
Time Machine adalah fitur yang hebat di Mac OS X dan lebih baik lagi di Lion. Aplikasi ini memungkinkan Anda mem-backup seluruh sistem Anda (documents, photos, system files, dan lainnya) dan untuk me-restorenya kembali cukup mudah. Pertama kali Anda menghubungkan harddrive ke komputer Mac Anda, ini akan menanyakan kepada Anda jika Anda ingin menggunakannya sebagai drive cadangan dengan Time Meachine. Time Machine juga bekerja baik dengan Time Capsule, kombinasi jaringan wireless dan base station 802.11n.
Sekarang dengan Lion, Time Machine menyimpan salinan copy yang Anda buat atau memodifikasi saat Anda berada jauh dari backup drive atau Time Capsule. Dengan cara itu, jika Anda menghapus sesuatu tanpa sengaja, Anda dengan mudah dapat memulihkannya. Lion juga menawarkan enkripsi backup dengan FileVault 2.
backup Mac OS X LionWindows 7
Mengamankan file dan folder yang berharga mudah dengan Windows 7 sangat mudah. Anda hanya perlu membuka “Backup and Restore”, kemudian pilih tujuan untuk backup. Tampilan langsung memandu Anda melalui semua proses, termasuk memutuskan apakah Anda ingin membiarkan Windows 7 memilih apa untuk membuat cadangan pada jadwal yang teratur atau memilih file atau folder sendiri. Sayangnya backup ke jaringan hanya tersedia di Windows 7 Professional dan Ultimate.
Fitur System Restore di Windows 7 membantu merestore sistem file PC Anda ke sebelumnya. Ini akan membantu Anda membatalkan perubahan sistem tanpa menyentuh file Anda.
backup Windows 7Pemenang: Mac OS X Lion
Dengan menggabungkan backup file dan sistem menjadi satu program, Lion membuat semuanya menjadi lebih mudah. Lion bahkan membuat lebih sederhana dengan membuat pengguna untuk membackup melalui Time Machine saat menghubungkan drive eksternal.
11. Fitur Spesial
Mac OS X Lion
Salah satu langkah yang dilakukan Apple adalah mengintegrasikan App Store ke Lion. Dari kesuksesan luar biasa dari App Store iPhone, App Store Mac dibangun ke dalam Dock untuk satu kali akses. Setelah sebuah aplikasi dibeli, langsung download dan instal pada Launchpad untuk segera digunakan.
Fitur Resume pada Lion akan mengembalikan semua aplikasi terbuka, dokumen dan halaman web ketika Mac dimatikan dan restart saat ditinggalkan pengguna. Fitur lainnya adalah AutoSave, seperti namanya aplikasi ini akan secara otomatis menyimpan perubahan ke documentasi atau aplikasi yang dikembangkan dengan AutoSave bahkan jika Anda menutup aplikasi tanpa menyimpannya secara manual. Jika Anda perlu kembali ke versi sebelum perubahan yang dilakukan, perintah Revert akan membawa Anda ke sana.
Fitur Spesial Mac OS X LionFaceTime berfungsi untuk panggilan video ke Mac lain, iPhone dan iPad 2, secara otomatis menyesuaikan penggunaan format landscap ke portrait sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan. faceTime tidak hanya memaksimalkan gambar namun memungkinkan Anda beralih dari panggilan ke layar aplikasi.
Fitur Spesial Mac OS X Lion FaceTimeAplikasi Mail pada Lion juga lebih baik daripada yang Anda temukan di Windows Live, berkat tampilan percakapan yang bersih dan terdapat fungsi pencarian. Terakhir dan tidak kalah pentingya adalah AirDrop, yang membuat berbagi file antara Mac melalui jaringan peer to peer lebih sederhana.
Windows 7
Fitur Spesial Windows 7 Jump ListBukan rahasia lagi jika Microsoft memimpin dalam jumlah program yang mendukung Windows 7. Ada ribuan aplikasi yang mendukung Windows 7 yang tidak akan Anda temukan di Mac. Tapi bukan itu yang membuat Windows 7 menarik.
Jika Anda memiliki windows yang terbuka dan ingin fokus pada satu, klik bagian atas panel yang ingin anda simpan dan gerakan mouse akan membuat windows lainnya langsung menghilang dari layar. Namun, tab masih ada di taskbar.
Jump List adalah fitur untuk mendapatkan akses cepat ke situs favorit, musik, documen dan foto hanya dengan mengklik kanan tab taskbar. Sebuah menu windows baru terbuka dan membawa Anda langsung ke aplikasi yang Anda pilih.
Device Stage adalah semacam switchboard untuk mengendalikan perangkat ekternl terhubung ke PC. Baik itu printer multifungsi, kamera atau telepon. Device Stage otomatis load dan memungkinkan Anda menangani tugas-tugas yang berlaku untuk perangkat tersebut. Hanya produk-produk dengan firmware Device Stage yang dapat bekerja dengan fitur ini, yang akan terbuka secara otomatis ketika produk yang kompatibel terhubung ke laptop Anda.
Fitur Spesial Windows 7 Device StagePemenang: Imbang
Sulit untuk mengalahkan penyimpanan dokumen di Liom. App Store Mac atau Lauchpad menjadi nilai lebih lainnya. Di sisi lain, Windows 7 masih unggul dalam jumlah aplikasi.
12. Harga
Mac OS X Lion
Harga Komputer MacMac OS X Lion memberikan sesuatu yang baru, aplikasi yang user friendly dan perbaikan hardware untuk upgrade dengan harga $29,99. Menimbang bahwa Mac sudah lebih efisien dangan waktu booting yang cepat dan kinerja yang menonjol penawaran ini bahkan bisa lebih. Untuk membeli MacBook yang terinstal Lion paling mahal setidaknya sekitar $999.
Windows 7
Harga Komputer WindowsMembeli laptop Windows 7 memiliki pilihan lebih banyak dan harga yang kompetitif. Anda bisa mendapatkan notebook yang dilengkapi dengan prosesor generasi kedua Intel Core i3, RAM 4GB dan harddisk 500GB dengan harga kurang dari $600.
Pemenang: Windows 7
Ya, MacBook Air dan MacBook Pro memberikan harga yang bervariasi dan sulit untuk membandingkan antara design dan ergonomi, tapi tidak ada yang menyangkal bahwa laptop Windows menawarkan spesifikasi yang lebih baik untuk kantong Anda.
Perbandingan Harga WIndows 7 dan Mac OS X LionKesimpulan
Kesimpulan Mac OS X Lion VS Windows 7Dari hasil perbandingan di atas dapat disimpulkan bahwa sistem operasi terbaik saat adalah Mac OS X Lion. Lion unggul 7 poin dari Windows 7 yang hanya unggul 5 poin.
LionLion lebih unggul karena memiliki tampilan yang lebih menarik, unggul dalam navigasi touchpad/multitouch dan fungsi pencarian yang lebih baik. Lion juga mengalahkan Windows dalam hal multimedia, keamanan dan parent control, dan backup sistem Anda dan file penting.
Meskipun Lion lebih unggul, namun dalam beberapa hal Windows 7 lebih baik. Multitasking dalam Windows lebih mudah dan menawarkan pengalaman browsing lebih baik melalui IE9 dengan memanfaatkan taskbar. Windows 7 juga lebih unggul dalam Game dan harga.
Lion menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik, Resume dan AutoSave, belum lagi keamanan dan stabilitas membuatnya selangkah lebih maju dari Windows. Tugas berat bagi Microsoft untuk membuat Windows 8 lebih baik.
Copyright @ 2013 WHATEVER. Designed by Templateism | MyBloggerLab